Tertarik menjadi seorang agent contact center? cari tau dulu infonya

Article
12 Mar 2021

Contact center adalah profesi yang merupakan garda terdepan suatu perusahaan dalam menghadapi konsumen, jika kamu tertarik menjadi salah satu agent contact center tentunya kamu harus cari tau dulu terkait dengan kemampuan yang harus dimiliki dan ruang lingkup dari pekerjaan contact center.

Kemampuan yang perlu dimiliki seorang Agent Contact Center

1. Cepat Tanggap

Seorang contact center akan berkutat dengan berbagai macam keluhan pelanggan. Oleh karena itu, dalam menjalani profesi ini, seseorang diharuskan memiliki kemampuan cepat tanggap terhadap suatu masalah.

2. Komunikatif

Karena kesehariannya adalah berhubungan dengan pelanggan melalui telepon, maka kemampuan komunikasi ini menjadi penting agar pelanggan dapat memahami apa yang disampaikan oleh contact center dalam suatu permasalahan

3. Memahami Product Knowledge

Seorang contact center dituntut untuk dapat memberikan informasi secara jelas dan tepat kepada pelanggan, oleh karena itu, kemampuan lain bagi seorang contact center adalah pemahaman mengenai detail dari produk

 

Lingkup Kerja Contact Center

1. Bekerja Shift

Sebagai bentuk komitmen terhadap pelayanan konsumen, beberapa perusahaan mengaktifkan pusat pengaduan layanan contact center selama 24 jam. Oleh karena itu bekerja secara shift adalah hal yang wajar bagi agent contact center. Namun ada juga perusahaan yang hanya mengaktifkan layanan di jam operasional

2. Jenjang Karir

Pada beberapa bidang, sangat terbuka kemungkinan jenjang karier yang baik bagi seorang contact center. Setelah menjadi seorang agent ada kesempatan berkarir menjadi Team Leader, Supervisor bahkan sampai Manager. Ada juga yang memiliki kesempatan di bidang frontliner dan bisa naik sampai head of customer service.

 

Demikian informasi yang perlu diketahui sebelum kamu melamar menjadi seorang agent contact center