2 Tipe Layanan Contact Center

Article
10 Mar 2021

Dalam dunia Contact Center ada 2 tipe layanan yang biasanya umum diterapkan, yaitu Contact Center Inbound dan Contact Center Outbound. Apa beda dan contoh dari 2 tipe layanan tersebut? mari simak penjelasannya.

Contact Center Inbound

Aktivitas menerima panggilan masuk dari konsumen yang bersifat memberikan pelayanan. Berikut contoh layanannya: 

Customer Service

Solusi layanan pelanggan secara fleksibel dan dapat memahami pelanggan yang bervariasi serta personalisasi sehingga hubungan perusahaan dengan pelanggan dapat terjalin dalam jangka waktu yang lama

Contact Center Outbound

Aktivitas melakukan panggilan keluar kepada konsumen yang bersifat proaktif.  Berikut contoh layanannya: 

Telemarketing/Telesales

Memberikan penawaran berupa produk / layanan perusahaan melalui telepon seperti penjualan dan promosi produk

Televerification

Serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memverifikasi dan memvalidasi data dari calon pelanggan melalui telepon

Telecollection

Layanan untuk menjalankan fungsi penagihan di suatu perusahaan kepada konsumen dengan menggunakan media telepon, pesan blast atau IVR (Interactive Voice Response)