Platform Job Marketplace Gawe.id Bantu Permudah Cari Kerja di Masa Pandemi

Article
25 Nov 2020

Pandemi Covid-19 yang belum berakhir di Indonesia, menghantam sektor ekonomi hingga berpotensi meningkatkan jumlah pengangguran di Indonesia.

Meskipun situasi di Indonesia kini memasuki masa ketidakpastian bagi para pencari kerja, namun harapan harus terus dikumandangkan untuk memperbaiki keadaan.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri alias Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani dalam sebuah acara virtual bulan Oktober 2020 menyebut, bahwa pengangguran di Indonesia bisa mencapai 13 juta orang sebagai imbas dari lesunya perekonomian tahun ini akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, Rosan mengungkapkan perekonomian tahun ini akan mengalami kontraksi di kisaran minus 0,6 sampai minus 1,7 persen.

“Kontraksi itu yang akan berdampak kepada beberapa hal, terutama peningkatan kemiskinan dan pengangguran,” katanya.

Sementara Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pemerintah tidak tinggal diam menghadapi kondisi ini.

“Angka pengangguran ini akan menjadi salah satu fokus bagi kita agar pemulihan ekonomi bisa menciptakan kesempatan kerja, sehingga jumlah pengangguran bisa secara bertahap kembali diturunkan," urainya dalam sesi konferensi pers virtual, Kamis lalu (5/11/2020).

Sri Mulyani menguraikan, berbagai insentif yang diberikan pemerintah baik dalam bentuk perpajakan maupun bantuan kredit modal kerja serta berbagai macam penjaminan diharapkan akan mengakselerasi kegiatan produktif baik di sektor UMKM maupun di sektor manufaktur.

“Sehingga meningkatkan penyerapan kesempatan kerja kembali," ujarnya.

Karena itu Gawe.id, Gawe.id platform job marketplace berbasis website di www.gawe.id, yang mempertemukan perusahaan pemberi kerja dengan job seeker (pencari kerja) melalui rekrutmen online yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun, bertekad membantu para pencari kerja di Indonesia dengan mendapatkan pekerjaan untuk memperbaiki ekonomi namun tetap berpatokan pada protokol kesehatan yang telah di tentukan.

“Gawe.id dengan slogan, Cari Kerja Tinggal Klik Aja, berkomitmen memfasilitasi para pencari kerja dengan registrasi secara gratis sehingga tanpa biaya sepeserpun para pencari kerja sudah bisa apply di ratusan perusahaan mitra Gawe.id yang tersedia,” kata Direktur Gawe.id Anta Ginting dalam keterangannya, Selasa (24/11/2020).

Department Head Gawe.id, Rizky Ananto Putri turut memaparkan, Gawe.id memberikan pengembangan diri bagi para pencari kerja yang sudah berpengalaman maupun yang masih menjadi lulusan baru lewat pembelajaran dan pelatihan yang bisa diakses secara online gratis.

“Tidak hanya pengembangan diri di Gawe.id juga menyediakan tips & trick yang berguna bagi para pencari kerja untuk mengatasi apabila belum memahami cara menghadapi wawancara kerja dan masih banyak lagi fitur yang tersedia dalam Gawe.id,” kata Kiki.


Bahkan, berbagai webinar gratis dengan pembicara berbobot pun kerap digelar Gawe.id.

Di antaranya webinar Cerdaslah EQ saat Melamar Kerja dengan narasumber pakar SDM kenamaan Anthony Dio Marin yang digelar pada Jumat 6 November lalu.

Pun demikian dengan webinar Tips Panggilan Kerja Anti Gagal Bersama Gawe.id. yang diisi oleh Praktisi Human Resources berpengalaman Lukman Hakim yang digelar pada Juni silam.

"Ke depan akan masih banyak lagi tema webinar yang sesuai dengan kebutuhan pencari kerja yang akan digelar Gawe.id," kata Kiki.

Adapun dari sisi perusahaan, Gawe.id menawarkan posting lowongan gratis tanpa dipungut biaya apapun dan unlimited.

Hal ini menjadi keunggulan utama yang membedakan Gawe.id dengan job marketplace lainnya.

Lowongan yang diposting pun dapat disesuaikan sendiri dengan kualifikasi yang dibutuhkan, periode lowongan aktif, dan sebagainya.

"Sering kali kita temui kendala perusahaan dalam mendapatkan kandidat yang kurang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, sehingga biaya rekrutmen yang dikeluarkan pun membengkak. Dengan menggunakan platform job marketplace Gawe.id maka kendala itu bisa diatasi karena Gawe.id menyediakan kandidat dan perusahaan yang telah terverifikasi dan terjamin keamanan databasenya," kata Kiki.

Perusahaan juga dapat memantau berapa jumlah pelamar sehingga dapat memilih kapan lamaran akan diproses.

“Di sisi lain, Gawe.id juga menawarkan jenis seleksi yang beragam seperti pre-assessment, psychotest, interview, uploading medical check up, negosiasi dalam offering letter dan sebagainya. Dengan demikian perusahaan dapat memilih sesuai dengan jenis seleksi yang dibutuhkan, karena Gawe.id mampu memudahkan proses pencarian kandidat yang tepat secara efisien," kata Kiki.

Anta Ginting menerangkan, Gawe.id memiliki tujuan besar menjadi sentra tenaga kerja di Indonesia.

Selanjutnya, Gawe.id akan lebih memudahkan akses para pengguna dengan mengembangkan aplikasi Gawe.id bagi pengguna Android dan iOS yang lebih user friendly.

"Gawe.id juga akan berkolaborasi dengan third partner sertifikasi sebagai penunjang e-learning dan berbagai fitur fitur baru,” kata Anta.

Gawe.id (www.gawe.id) adalah platform job marketplace yang mempertemukan perusahaan pemberi kerja dengan pencari kerja.

Dengan tagline Cari, Klik, Kerja.

Gawe.id berkomitmen untuk membantu angkatan kerja Indonesia pada segmen blue collar (pekerja lapangan) untuk mencari pekerjaan dengan mudah, cepat dan sesuai dengan minat dan keahlian mereka.

Gawe.id tidak hanya memfasilitasi pencari kerja untuk melihat status lamaran pekerjaan dan mendapatkan peluang ditawarkan pekerjaan melalui Gawe.id, tetapi juga memperkaya pengetahuan mereka melalui e-learning (Gawe Academy).